Setelah mudik lebaran dari jogja, 9 Agustus 2014 kami jalan-jalan ke pantai sawarna, yang terletak diujung Prov. Banten, hampir berbatasan dengan Sukabumi, capture dari Google Map seperti ini:

Sawarna

kata om Google perjalanan dapat ditempuh dengan 2 jam 42 menit dengan jarak 144 km, sepertinya itu bisa terjadi jika kondisi jalan mulus.

Begini kisahnya,

Pagi itu kami bersiap 9 agustus ’14 berkemas untuk berkunjung dan menginap di pantai sawarna, jam 07.30 kami berangkat dari rumah mampir dulu ke Mini market dan Pom bensin, perjalanan kami mulai sekira jam 08.00 melewati Pandeglang, Gunung Kencana, Malingping, Bayah, sawarna. Kondisi jalan yang kami lalui sangat berfariasi, dari Serang ke Pandeglang jalan masih oke karena masih jalan raya. Perjalanan memasuki Gunung Kencana jalan mulai sepi dan menyempit. Melewati kebun kelapa sawit dikanan dan kiri jalan

Terlepas dari kebun Kelapa Sawit perjalanan selanjutnya menuju ke arah malingping, Jalan di sini semakin tidak karuan, Rusak parah. namun ada beberapa titik yang dilakukan perbaikan dengan pengecoran.

Siang hari sekitar jam 13.00 kami sampai di daerah malingping, memutuskan istirahat sejenak di PLN Rayon malingping untuk sholat, selepas melemaskan punggung dan kaki perjalanan kami lanjutkan. stelah malingping ternyata kondisi jalan masih sama rusak parah bahkan lubang2 dijalan melebihi mata kaki. Tapi sepanjang jalan kami disajikan pemandangan laut sampai ke Sawarna.

Akhirnya selepas waktu asar kami tiba di Sawarna dengan disambut pemandangan laut yang indah, akhirnya kami memutuskan untuk menginap diluar maksudnya begini ada penginapan di luar obyek pantai dan ada yang dideket pantai, kalau yang diluar Pantai kisaran 300-500 kalau yang dideket pantai 150 an menempati rumah warga. setelah dihitung perjalanan kami hampir 7 jam ke Sawarna. Tapi terbayarlah dengan pemandangan yang disajikan.